Laman

Selasa, 20 April 2010

Tips Winamp: Cara hilangkan suara diam tanpa musik (Silent) dengan Silence Remover

Semua orang masing-masing pasti punya tips-tips berguna untuk menghilangkan jenuh dan menenangkan pikiran mereka. Salah satunya ada yang punya hobi putar musik-musik dan lagu-lagu MP3 pilihan. Tentu ada yang karena musik-musik yang mereka putar punya irama pop yang merdu dan slow hingga bisa buat tenang dan hilangkan stress mereka. Ada juga suka putar musik-musik yang berirama keras seperti rock dan sejenisnya, karena dipikir bisa membuat aktivitas kegiatan mereka jadi lebih bersemangat dan hilang rasa bosan. Dan, ada juga nih suka diam-diam memutar musik-musik sendiri irama dangdut/remix sambil berlatih senam, joget menari dan bergoyang-goyang tanpa instruktur, karena dia pikir bisa juga nih menghilangkan lemak dan kegemukan. He... he... jadi gak perlu keluar duit.
Bagaimana dengan pemutar musik, banyak pilihannya ada radio tape, handphone, PDA, iPod, serta perangkat komputer dan elektronik lainnya. Nah, bagi yang punya komputer/laptop pastinya sangat mengenal software pemutar musik MP3 yang gratis ini yaitu Winamp. Banyak sekali software-software pemutar musik audio yang tersedia bisa dicari di web namun rasanya cuma Winamp pemutar musik yang paling mudah digunakan dan paling kompatibel, mendukung OS mulai zamannya Windows 95 sampai Windows versi terbaru. Memang dulu zamannya Winamp masih versi 1.x dan 2.x hanya mampu memutar suara musik atau audio. Namun sekarang, pada versi 5.x terintegrasi plugin-plugin default hingga Winamp sudah bisa memutar film VCD/DVD dan video/radio streaming, CD Ripping, dll, bahkan buat menonton siaran TV lokal (perlu TV Tuner dan plugin tambahan).
Salah satu kelebihan Winamp diantaranya adalah mampu memutar musik nonstop, dan hilangkan suara diam (silent) tanpa musik yang terdapat ditengah-tengah pergantian lagu. Untuk mengaktifikan fitur ini dengan menggunakan pilihan “silence remover”. Utiliti di plugin (output) ini terdapat di menu Winamp Preferences. Fitur ini sangat berguna untuk menghilangkan suara hening atau suara diam (silent) dan mengatur ukuran buffernya, ketika memutar musik di awal dan di akhir lagu. Jadi suara diam bakal ditiadakan ketika memutar lagu-lagu. Nah, bagaimana rasanya telinga kamu bakal tidak dapat istirahat, semua musik diputar tanpa ada waktu istirahat sejenak. Fitur untuk hilangkan suara diam ini hampir terdapat di semua versi Winamp kecuali Winamp versi 1.x yang mungkin belum punya. Tips-tips cara menghilangkan suara diam tanpa musik dan setingannya di Winamp seperti berikut ini:

  1. Pertama-tama, klik kanan mouse pada jendela utama (main windows) di skin Winamp ((Ket: jangan mengklik kanan mouse didalam playlist atau video, karena yang muncul akan lain), maka akan muncul jendela popup menu seperti gambar diatas.
  2. Setelah mengklik pada [Options] lalu kemudian klik [Preferences...], maka akan muncul layar jendela “Winamp Preferences”. Pada jendela ini terdapat bermacam-macam settings pilihan buat kustomisasi Winamp.
  3. Kemudian langkah selanjutnya klik [Output] yang berada pada [Plugin].
  4. Lalu didalam pilihan [Plugin] di pilihan [Output] klik Nullsoft DirectSound Output v?.??? [out_ds.dll] (ket: ?.??? adalah nomor versi plugin)
  5. Pada layar jendela dengan title “DirectSound output setting” ketika muncul akan menampilkan bermacam tab-tab pilihan. Yang pertama muncul adalah tab [Device] yang memunculkan info device dari perangkat suara Soundcard.
  6. Untuk menemukan fitur "Silence Remover" yang perlu kita cari, klik pada tab [Other] untuk memunculkan jendela.
  7. Lalu, untuk menghilangkan suara hening diam (silent) tadi, beri centang (tandai v) pada bagian “Remove silence at the beginning / end of track”. Kemudian pada bagian "Cutoff:" ubah besarnya dari "-40.0 dB" (default) menjadi "-25.0 db" (kurangi atau lebihkan juga bisa asal sedikit). Settingan ini menghilangkan suara silent diam tanpa musik pada awal perpindahan lagu secara tepat.
  8. Kemudian pindah dan klik ke tab [Buffering]. Pada jendela yang satu ini akan muncul pilihan-pilihan pengaturan buffer. Gunany buffer ini adalah untuk mengatur besar ukuran cache data yang diambil ketika memutar Winamp, sebelum meneruskan ke Kartu Suara (SoundCard).
  9. Pada tab [Buffering], ubahlah besar ukuran “Buffer length” dari 2000 ms (default) ke 10000 ms atau 12000 ms. Setelah itu klik OK. Contoh: 12079 ms. Jangan kelebihan mengubah ukuran settingan buffer, bisa-bisa banyak bagian lagu yang terlewati ketika dimainkan.
  10. Kini semua pengaturan telah selesai. Sekarang, kamu bisa keluar dari jendela “Winamp Preferences” dengan klik [Close] dan [OK].
  11. Nah, coba kamu putar Winamp lagi. Ok. Selamat menikmati musik-musik favoritmu tanpa henti NONSTOP, tanpa suara diam, sampai lo gak bisa tidur.

1 komentar:

  1. ehm . aku gilang dr bandung. gini . langsung aj .. tuk tips nya . saya dah coba. tp bisa bantu ga .., gimana cara nya . supaya pas ending lagu ..,thu bisa nyambung sama lagu selanjut nya .. jd inti nya lagu pertama mau selesay disambung ama yg selanjut tanpa berhenti dulu di lagu pertama .. tx' yah .. for de tips ..,

    BalasHapus